Ide dasarnya muncul dari perbincangan di milis maupun saat kopdar, dimana ditemukan kasus sulitnya mencari solenoid valve untuk idle up. ditambah lagi beberapa modifikasi yang dilakukan rekan2 disektor kelistrikan seperti penambahan foglamp berdaya besar, fan radiator berkecapatan tinggi dan lain-lain yang notabene membuat rpm mesin mobil drop saat semua itu difungsikan.
Nah disinilah fungsinya solenoid valve dan idle up pada karburator yang menaikkan rpm ke normal. Namun bila tetap masih kurang atau sulit mendapat solenoid valve kita dapat siasati dengan membuat satu solenoid valve untuk idle up lebih dari satu.
Contoh, Idle up lampu dan AC pakai satu solenoid valve.
Kenapa hal ini dilakukan, Karena harga solenoid yang lumayan mahal dan jarang.
Sebelum mempraktekan sesuai dengan prinsip DIY, selalu berhati-hati dan tidak menjamin hasil yang sama.
Bahan: Diode 10 A 16V (atau lebih)
Harga: @ 3000 aja.
Untuk skema, silahkan download link berikut.
Semoga membantu
salam
Ilham
Kumpulan catatan dan arsip terkait Daihatsu Charade Classy Winner. Pernah dialami selama memakai Daihatsu Charade Classy, dan pengalaman rekan lainnya. Juga update berita terkait, buku manual, dll
Apakah Daihatsu Charade Akan Memiliki Penerus?
Daihatsu Charade, mobil supermini yang diproduksi oleh Daihatsu dari tahun 1977 hingga 2000, telah lama menjadi favorit di kalangan pengge...
-
Mobil akan bermasalah jika bagian yang satu ini tidak diperhatikan. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apakah kondisi koil dal...
-
Bagi rekan-rekan pemakai mobil Daihatsu charade baik classy maupun winner, dan merasa tenaga kurang optimal, brebet, kurang tarikan, mungkin...
-
Melihat antusias rekan2 untuk mendapatkan manual book perbaikan mobil daihatsu classy/winner, berikut saya tambahkan versi softcopy yang d...