Iklan

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

03 November 2009

Ganti selang-selang radiator sebelum bocor

Ada pengalaman teman yang mengalami kejadian saat mudik kemarin. Walaupun bukan pakai daihatsu classy, cuman lesson learned nya bagus banget nih.
Ceritanya saat mudik lebaran kemarin, dia dan keluarga mudik. Perjalanan mudik lancar, namun saat balik selesai mudik saat di tol terjadi overheat (indikasi panas di dashboard naik) dimana kenaikannya sangat cepat. Mobil langsung gak bisa dikendalikan, dan karena posisi ada dipaling kanan, tidak mungkin merapat kekiri. Akhirnya mobil dirapat kekanan sampai menyentuh pembatas jalan dikanan jalan. Singkat kata, kap dibuka dan terlihat hose radiator yang besar pecah, sehingga air langsung habis. Mobil diderek ke bengkel dan turun setengah mesin.
Terlihat hal sepele yaitu hose air yang harganya gak seberapa dibanding ongkos derek dan turun mesin. So lesson learnednya, mari kita cek dan ganti saja hose-hose radiator yang ada di classy/ winner.

1. Hose/selang di bawah
Harga hose ini gak seberapa, cuman sekitaran 20 ribu. Bentuknya seperti hurup s. Kalo tidak dapat yang sama, bisa dicari yang mendekati, biasanya hose oli bisa juga atau yang meteran yang diameter dalamnya 15 mm.


2. Hose/selang di bawah delco
Harganya juga gak seberapa. Bentuknya lurus aja, bisa pake yang meteran, diameter dalam 15 mm.

3. Hose radiator atas
Harganya kalau di jakarta sekitar 30 rb an.


4. Hose radiator bawah
Hose ini lumayan panjang, harganya di jakarta sekitar 40 rb an.


Ongkos pasang hose gak sampe 100 rb.
Nah, selesai sudah penggantian hose yang keliatannya sepele namun sangat vital.

Have a nice drive
Salam

Daihatsu Charade Akan Memiliki Generasi Penerus Baru?

  Daihatsu Charade, mobil supermini yang diproduksi oleh Daihatsu dari tahun 1977 hingga 2000, telah lama menjadi favorit di kalangan pengge...

Baca juga