Terbanyak dilihat Minggu ini

Kecepatan Classy/Winner tersendat saat 100 km/jam

Posted by om Wayan. Edit seperlunya oleh ilham.

Rekan-rekan sekalian, sempat ramai mengenai problem kecepatan mobil Daihatsu classy.winner yang tersendat di kecepatan 100 km/jam. Bila juga mengalami pada mobil keluarga anda, berikut adalah tanggapan dari om wayan. Semoga berguna.

Pertanyaan:

Daihatsu Classy/Winner saat suhu mencapai suhu normal (posisi temp 1/3 sampai 1/4)
pada kecepatan 60-80 km/h tarikan tersasa berat lalu pada saat kecepatan 100
km/h terasa "ngendet" dan kecepatan turun menjadi 90 km/h. beberapa sudah saya lakukan
perbaikan sbb:
1. Service karburator dibengkel khusus karburator
2. Ganti filter bensin
3. Setting platina dan delco
apakah ada pengaruh dari kondesornya? atau lainnya?

Tanggapan
I Wayan Yardhana

Mesti cek seluruh sistem pengapian dan sistim bahan bakarnya.
coba explore masalah ini:

SYSTEM PENGAPIAN
1. cek busi, apakah miring/kotor berarang/kotor/busi sudah menguning karena
pernah overheat
2. cek kabel busi, dengan milti tester ukur tahanan/hambatannya....usahakan bernilai kecil.....
3. cek tutup distributor.....apakah karbon brushnya habis ( yang ditengah ) atau
kepala pematiknya sudah pada gompal...
4. cek platina ( jika masih menggunakan ini ) gompal atau miring...pakailah
platina yang tengahnya bolong, kayak donat itu sangat baik
5. cek kondensor di platina....ini sangat mempengaruhi kestabilan kelistrikan
yang disupply ke platina dan busi
6. cek koil, cek pula ketahanannya...nilai toleransinya bisa dilihat dimanual
book...
7. cek kelistrikan yang mensupply koil....korosi pada kabel dapat meningkatkan
nilai hambatan jadi ketika kendaraan ingin tegangan baik ini malah putus mati.

SYSTEM PEMBAKARAN
1. cek karburator....karburator yang baik adalah bersih, klep bulat gobang kuningannya
tidak oval jika diterawang, dan spuyer yang dipakai sesuai spek....mengecilkan spuyer dapat mengakibatkan hal yang dikeluhkan dan kendaraan cendrung lebih panas
2. cek selang selang pendukung, ini banyak yang kurang perduli ditambah pengetahuan mekanik yang asal bisa, lebih memperparah keadaan yg di alami oleh kendaraan anda.....
3. cek filter udara, masih baik kah???
4. cek pompa bensin dgn melepas selang yg masuk ke karbu!!..tendangan bensin
masih kuatkah???,,,,,salah satu tanda pompa sudah minta ganti adalah melernya oli dari lobang kecil dibawah belakang pompa dimaksud...dan itu mengotori kabin mesin.....segera ganti....berbahaya jika sampai bensin masuk ruang oli....
5. cek filter bensin.....
6. cek selang bensin yang menuju pompa dan karburator......termasuk selang baliknya ini yg jarang diperhatikan..... itu dapat mengakibatkan seperti yang anda keluhkan sekarang ini.
7. cek juga selang yang dari blow gas/separator ke karburator....ini besar efeknya jika ini kurang baik

Semoga membantu