Terbanyak dilihat Minggu ini

Collection of Daihatsu Charade Advertisment

I just collected from Youtube some of daihatsu charade advertisement when the car was launched.
Enjoyed...

Japanese Commercial - Daihatsu Charade ('88)


1989 DAIHATSU CHARADE (G-102)
Read more!

Ganti selang-selang radiator sebelum bocor

Ada pengalaman teman yang mengalami kejadian saat mudik kemarin. Walaupun bukan pakai daihatsu classy, cuman lesson learned nya bagus banget nih.
Ceritanya saat mudik lebaran kemarin, dia dan keluarga mudik. Perjalanan mudik lancar, namun saat balik selesai mudik saat di tol terjadi overheat (indikasi panas di dashboard naik) dimana kenaikannya sangat cepat. Mobil langsung gak bisa dikendalikan, dan karena posisi ada dipaling kanan, tidak mungkin merapat kekiri. Akhirnya mobil dirapat kekanan sampai menyentuh pembatas jalan dikanan jalan. Singkat kata, kap dibuka dan terlihat hose radiator yang besar pecah, sehingga air langsung habis. Mobil diderek ke bengkel dan turun setengah mesin.
Terlihat hal sepele yaitu hose air yang harganya gak seberapa dibanding ongkos derek dan turun mesin. So lesson learnednya, mari kita cek dan ganti saja hose-hose radiator yang ada di classy/ winner.

1. Hose/selang di bawah
Harga hose ini gak seberapa, cuman sekitaran 20 ribu. Bentuknya seperti hurup s. Kalo tidak dapat yang sama, bisa dicari yang mendekati, biasanya hose oli bisa juga atau yang meteran yang diameter dalamnya 15 mm.


2. Hose/selang di bawah delco
Harganya juga gak seberapa. Bentuknya lurus aja, bisa pake yang meteran, diameter dalam 15 mm.

3. Hose radiator atas
Harganya kalau di jakarta sekitar 30 rb an.


4. Hose radiator bawah
Hose ini lumayan panjang, harganya di jakarta sekitar 40 rb an.


Ongkos pasang hose gak sampe 100 rb.
Nah, selesai sudah penggantian hose yang keliatannya sepele namun sangat vital.

Have a nice drive
Salam
Read more!

Specification of DAIHATSU CHARADE SG

Car Details
Make: DAIHATSU
Model: CHARADE
Variant: SG
Series:
Year: 1991
Body Type: 4Door SEDAN
Seats: 5

Engine Specifications
Engine Type: G102
Engine Size: 1.3L (1295cc)
Cylinders: INLINE 4
Max. Torque: 105Nm
Max. Power: 66kW
Power to Weight Ratio: 12.8:1 kW/kg
Bore & Stroke: 76x71.4mm
Compression Ratio: 9.5
Valve Gear: SINGLE OVERHEAD CAM
Drivetrain Specifications
Transmission: 5 SP MANUAL


Drive Type: FRONT WHEEL DRIVE
Final Drive Ratio: 4.642

Fuel Specifications
Fuel Type: UNLEADED PETROL
Fuel Tank Capacity: 40L
Fuel Consumption (City): 7.2L/100km
Fuel Comsumption (Hwy): 5.4L/100km

Weight & Measurement
Kerb Weight: 845kg
Gross Vehicle Weight: 1310kg
Height: 1385mm
Length: 3995mm
Width: 1615mm
Ground Clearance: 160mm
Towing Capacity: Brake(600kg)

Steering & Suspension
Steering Type: RACK & PINION
Turning Circle: 9m
Front Rim Size: 4.5Jx13
Rear Rim Size: 4.5Jx13
Front Tyres: Not Provided
Rear Tyres: Not Provided
Wheel Base: 2340mm
Front Track: 1385mm
Rear Track: 1365mm
Front Brakes: DISC
Rear Brakes: DRUM
Front Suspension: Independent,
Rear Suspension: Independent,

Standard Features
Exterior: Power Mirrors
Interior: Driver: Power Steering
Entertainment: Radio Cassette
Comfort:
Safety:
Security:

Read more!

Sekelumit tentang perpanjang STNK dan plat nomor di samsat Jakarta Timur



Bulan May ini saya melakukan perpanjangan STNK dan plat nomor 5 tahunan. Ternyata pengurusannya sekarang cepat dan mudah. Jadi sepertinya tidak perlu calo-caloan lagi deh. Begini kurang lebihnya.

Karena ini perpanjangan plat nomor 5 tahunan, maka langkah pertama adalah masuk antrian cek fisik. Di samsat jaktim, lokasi ada disebelah kiri pintu masuk parkir. Rambu-2 jelas terpasang jadi gak mungkin gak tau deh. Nah disini tidak ada formulir yang perlu diisi, cukup menunggu antrian sampai tiba giliran di cek fisik yaitu cek nomor rangka dan nomor mesin. Blanko untuk menggesek diberikan oleh Polisi yang bertugas dan kemudian digesek oleh petugas gesek.

Langkah kedua, setelah selesai urusan menggesek dan tidak ada masalah, maka dilanjutkan dengan pengesahan hasil cek fisik. Nah lokasi gak jauh cuma disebelah kiri tempat gesek. Disini kita diminta untuk melampirkan hasil gesekan, KTP asli, BPKP asli dan STNK. Disini dikenakan pembayaran resmi 20 ribu. Sampai langkah ini tidak ada masalah berarti.

Setelah selesai disahkan hasil cek fisik oleh polisi, langkah ketiga adalah melakukan perpanjangan STNK dan PKB. Nah kalo di samsat jaktim, lokasi ada dilobi utama. Ambil formulir dimeja pengambilan formulir, isi yang perlu diisi, gampang kok gak perlu minta diisiin calo. kemudian ambil nomor antrian dan jangan lupa fotokopi KTP, BPKP, STNK (yang asli juga perlu dilampirkan). Nah serahkan deh semua ke bagian pendaftaran, kalo di Jaktim loket 1. Trus kalo lengkap dan gak ada masalah tinggal tunggu nomor antri kita dipanggil.

Langkah keempat, setelah dipanggil (di loket 2), kita diminta melakukan pembayaran dikasir (loket 3) sesuai yang tertera di slip yang diberikan. Gak ada tip or apapun namanya. Nah setelah melakukan pembayaran tinggal tunggu deh STNK baru kita dicetak. Maksimal 30 menit kok waktu tunggunya. O iya semua masih dalam satu ruangan loh gak pindah2.

Langkah kelima, setelah dipanggil dan mengambil STNK kita yang baru pastikan tidak ada berkas yang tertinggal dan tertukar seperti KTP BPKP. Nah selanjutnya kita ambil deh plat 5 tahunnya. Lokasi di sebelah kanan pintu masuk parkir (dekat cek fisik). Nah disini tinggal kasih kuitansi/slip copy stnk kita yang baru (warna putih) sebagai tanda pendaftaran pengambilan plat. O iya kayaknya disini biasanya orang2 kasih tip 5 ribu buat yang buat plat. Sebenarnya sih gratis.

Oke deh semua langkah sudah selesai jangan lupa pastikan tidak ada yang tertinggal atau tertukar.

Ilham
Read more!