Terbanyak dilihat Minggu ini

Masalah panas pada daihatsu charade classy (2)

Ilham M
Masuk tomang dan slipi, indikasi suhu menunjukkan 1/2, wah ini mulai ganjil pikir ku. Mulai ada rasa was-was. kenapa yaa. Tiba di tol bekasi barat sekitar jam 8:00, pas sesuai dengan target. Keluar tol menuju kranji. Di depan grand mal bekasi, tiba-tiba indikator mesin dah menanjak naik lagi. Ku hentikan mobil di depan grand mal bekasi untuk sesaat sembari menunggu dingin mesin. Karena buru-buru tidak ada pikiran untuk mengecek lagi.

Segera kustart mesin dan menuju kranji. Tiba di kranji, jemput orang tua ku kemudian menuju ke Ciputat. Sebelum berangkat, kucoba cek lagi radiator. Ternyata kembali berkurang. Hem, kemana yaa airnya. Curiga semakin menjadi-jadi. Tapi karena diburu waktu harus tiba di ciputat jam 9:00, tidak ada pilihan lain selain kembali menjalankan charade classy ku menuju tol JORR. Masuk dari tol bintara menuju JORR pondok indah. Tidak ada halangan berarti selama di tol. Jam 9:00 kami sudah tiba di pintu keluar tol pondok indah. indikator suhu naik lagi. Kami cari tempat berhenti yang teduh dan menemukan di sekitar SPBU lebak bulus setelah terminal lebak bulus. Di sini kami berhenti dan menunggu mesin dingin. Cek lagi radiator wow, kosong lagi. Kemanakah air nya hilang???. Yup karena diburu waktu, tidak ada pilihan untuk berpikir panjang, langsung kuisi air di radiator (tentunya setelah mesin agak dingin). Kupacu lagi menuju lokasi tujuan.
Singkat kata tiba ditujuan setelah berjuang mengatasi problem demam. Kuparkir mobil ku. Singkat kata, setelah bersilahturahmi sesaat, kami harus berangkat lagi menuju ke Kebayoran. Nah akhirnya demamnya sudah tidak tertahan lagi, Kami berhenti lagi setelah berjalan selama 10 menit. Kami berhenti di SPBU. Untungnya di SPBU sehingga nyaman untuk menunggu mesin dingin. Dikala menunggu ini, istriku memberi nasihat untuk mengecek kenapa masalah ini terjadi. Kebetulan di depan SPBU ada bengkel. Segera saya berjalan menuju bengkel tsb.
Akhirnya di bengkel tsb dicek lah. Air diisi, terlihat air menetes deras dibagian bawah mesin sebelah kanan. Teknisi bengkel bilang, water pump bocor pak. Yah, akhirnya ketemu juga problem nya. Sebetulnya saya dah lama pengen ganti tuh water pump, cuman belum kesampaian, sampai akhirnya rusak juga.
Nego biaya-biaya, disepakati langung dikerjakan.
Total perbaikan:
1. Water pump merek GMB baru
2. Selang radiator di bawah manifold diganti
3. Jasa perbaikan di atas.

Kerjaan menghabisakan waktu cukup lama, karena harus mengganti selang yang bocor, yang posisinya juga sulit.
AKhirnya setelah menunggu cukup lama, perbaikan selesai juga. Hasilnya cukup memuaskan, problem teratasi.
Kembali kami melanjutkan perjalanan pulang ke bekasi dan cilegon.

No comments: