Terbanyak dilihat Minggu ini

Penting: Solusi soket utama gagal, Listrik Classy/Winner mati total.

Halo rekan semua, kesempatan ini saya akan mengulas sedikit permasalah kegagalan soket utama yang berakibat pada supply kelistrikan ke classy/winner mati total serta bagaimana solusinya.
Sejalan dengan usia pakai kendaraan, kelistrikan menjadi sangat rentan, terutama pada bagian soket-soket listrik. Pada daihatsu classy atau winner, jalur kelistrikan utama juga disambung menggunakan soket. Karena terkena debu atau air atau lainnya menyebabkan lama kelamaan soket tertutup karat. Penggunaan contact cleaner tidak banyak membantu.
Posisi soket utama seperti gambar di bawah ini.

Kegagalan fungsi soket utama, listrik akan mati total, termasuk lampu2 dasbord mati semua.

Bagaimana solusinya, mudah saja, potong kabel utama yang berwarna putih seperti gambar di atas, bypass langung tanpa melewati soket. Untuk menyambungnya karena ukuran kabel yang cukup besar (diameter 5 mm) akan sangat sulit dan tidak bagus bila hanya di lilit seperti kabel ukuran kecil. Solusinya, gunakan terminal pipa / konektor sambung kabel seperti gambar ini.

Cara penggunaannya cukup mudah, kabel yang akan disambung dikupas, ujung yang satu dimasukkan ke terminal pipa ini, begitu juga ujung kabel yang akan disambung, dimasukkan juga ke ujung terminal pipa satunya lagi, gunakan crimper atau tang untuk menjepit kabel tersebut.
Demikian, semoga membantu rekan-rekan semua.

Salam
Ilham

Forum Jual Beli