Terbanyak dilihat Minggu ini

Sekelumit tentang perpanjang STNK dan plat nomor di samsat Jakarta Timur



Bulan May ini saya melakukan perpanjangan STNK dan plat nomor 5 tahunan. Ternyata pengurusannya sekarang cepat dan mudah. Jadi sepertinya tidak perlu calo-caloan lagi deh. Begini kurang lebihnya.

Karena ini perpanjangan plat nomor 5 tahunan, maka langkah pertama adalah masuk antrian cek fisik. Di samsat jaktim, lokasi ada disebelah kiri pintu masuk parkir. Rambu-2 jelas terpasang jadi gak mungkin gak tau deh. Nah disini tidak ada formulir yang perlu diisi, cukup menunggu antrian sampai tiba giliran di cek fisik yaitu cek nomor rangka dan nomor mesin. Blanko untuk menggesek diberikan oleh Polisi yang bertugas dan kemudian digesek oleh petugas gesek.

Langkah kedua, setelah selesai urusan menggesek dan tidak ada masalah, maka dilanjutkan dengan pengesahan hasil cek fisik. Nah lokasi gak jauh cuma disebelah kiri tempat gesek. Disini kita diminta untuk melampirkan hasil gesekan, KTP asli, BPKP asli dan STNK. Disini dikenakan pembayaran resmi 20 ribu. Sampai langkah ini tidak ada masalah berarti.

Setelah selesai disahkan hasil cek fisik oleh polisi, langkah ketiga adalah melakukan perpanjangan STNK dan PKB. Nah kalo di samsat jaktim, lokasi ada dilobi utama. Ambil formulir dimeja pengambilan formulir, isi yang perlu diisi, gampang kok gak perlu minta diisiin calo. kemudian ambil nomor antrian dan jangan lupa fotokopi KTP, BPKP, STNK (yang asli juga perlu dilampirkan). Nah serahkan deh semua ke bagian pendaftaran, kalo di Jaktim loket 1. Trus kalo lengkap dan gak ada masalah tinggal tunggu nomor antri kita dipanggil.

Langkah keempat, setelah dipanggil (di loket 2), kita diminta melakukan pembayaran dikasir (loket 3) sesuai yang tertera di slip yang diberikan. Gak ada tip or apapun namanya. Nah setelah melakukan pembayaran tinggal tunggu deh STNK baru kita dicetak. Maksimal 30 menit kok waktu tunggunya. O iya semua masih dalam satu ruangan loh gak pindah2.

Langkah kelima, setelah dipanggil dan mengambil STNK kita yang baru pastikan tidak ada berkas yang tertinggal dan tertukar seperti KTP BPKP. Nah selanjutnya kita ambil deh plat 5 tahunnya. Lokasi di sebelah kanan pintu masuk parkir (dekat cek fisik). Nah disini tinggal kasih kuitansi/slip copy stnk kita yang baru (warna putih) sebagai tanda pendaftaran pengambilan plat. O iya kayaknya disini biasanya orang2 kasih tip 5 ribu buat yang buat plat. Sebenarnya sih gratis.

Oke deh semua langkah sudah selesai jangan lupa pastikan tidak ada yang tertinggal atau tertukar.

Ilham

No comments:

Forum Jual Beli