Terbanyak dilihat Minggu ini

DIY: Pasang CDI di Classy/Winner

Buat teman-teman yang masih menggunakan pengapian platina, saat ini sudah banyak tersedia CDI komplit termasuk tutup delco dan vacuum advancernya untuk classy / winner, salah satu merknya adalah Kenjitsu, buatan Thailand. Di boxnya sendiri, CDI ini diperuntukan untuk mobil S89, namun cocok juga untuk Daihatsu Classy Winner.

Rekan-rekan bisa hunting di tempat part onderdil mobil misalnya di atrium senen atau yang lainnya. Setelah mendapatkan dan ingin memasang CDI tersebut bisa dilihat langkah-langkahnya sbb (dikutip dari milis by om Wayan).

Langkah-langkah:
1. Lepaskan kabel businya perhatikan nomor kabelnya.
2. Buka baut penutup tutup delko/CDI
3, Beri tanda arah pelatuknya.
4. Buka baut pengikat delko 2 biji menggunakan kunci 12"
5. Kemudian cabut delkonya.
6. lap ceceran olinya.
7. Pasang delko yang ber CDI, dengan tutup terbuka dan arah yang sama ketika membuka delko platina
8. Pasang terbalik kabel busi sesuai urut dari no.4;3;2;1
9. Pasang soket kabel sesuai gambar

Jangan lupa gunakan socket agar memudahkan dalam perawatan.

Kemudian baut (step no 4) jangan dikencangkan dulu untuk menyetel pengapian delko,



Selamat mencoba
Read more!

Penting: Solusi soket utama gagal, Listrik Classy/Winner mati total.

Halo rekan semua, kesempatan ini saya akan mengulas sedikit permasalah kegagalan soket utama yang berakibat pada supply kelistrikan ke classy/winner mati total serta bagaimana solusinya.
Sejalan dengan usia pakai kendaraan, kelistrikan menjadi sangat rentan, terutama pada bagian soket-soket listrik. Pada daihatsu classy atau winner, jalur kelistrikan utama juga disambung menggunakan soket. Karena terkena debu atau air atau lainnya menyebabkan lama kelamaan soket tertutup karat. Penggunaan contact cleaner tidak banyak membantu.
Posisi soket utama seperti gambar di bawah ini.

Kegagalan fungsi soket utama, listrik akan mati total, termasuk lampu2 dasbord mati semua.

Bagaimana solusinya, mudah saja, potong kabel utama yang berwarna putih seperti gambar di atas, bypass langung tanpa melewati soket. Untuk menyambungnya karena ukuran kabel yang cukup besar (diameter 5 mm) akan sangat sulit dan tidak bagus bila hanya di lilit seperti kabel ukuran kecil. Solusinya, gunakan terminal pipa / konektor sambung kabel seperti gambar ini.

Cara penggunaannya cukup mudah, kabel yang akan disambung dikupas, ujung yang satu dimasukkan ke terminal pipa ini, begitu juga ujung kabel yang akan disambung, dimasukkan juga ke ujung terminal pipa satunya lagi, gunakan crimper atau tang untuk menjepit kabel tersebut.
Demikian, semoga membantu rekan-rekan semua.

Salam
Ilham

Read more!