Terbanyak dilihat Minggu ini

TIPS seputaran Cooling System

Tips dari om wayan (dengan diedit seperlunya)

Buat RR (rekan-rekan) yang merasa KR (kendaraan)nya kegerahan / mesin panas atau mengalami gejala overheat, "normal/Tidak", berikut ini adalah 13 tips yang mesti dicek dan dipastikan. Selamat menyimak dan mempraktekan.
  • Perhatikan seseharian apakah level temp! naek turun begitu drastis, misalnya jika ditol 1/4, ttp jika macet2 1/2, itu menandakan termostat sdh nggak ada alias udeh dicopot.  


  • Pertanyaan berikutnya NORMALKAH?, klu mesin lebih sering terdengar knocking/ngegelitik menandakan enginee overheat.....selain itu biasa AC dingin ini nggak dingin dikeramaian macet2.....solusi cek sistemnya.
  • Umumnya bebersih radiator hanya dibuka atasnya saja/sebaliknya tidak keduanya....plak karang bisa dibersihkan dengan merojok2 aliran tetapi penampang yang nggak buka?, begitu selesai bersihkan kemudian mesin panas lagi krn proses pembersihan nggak maksimal...buka tutup atas dan bawah sekalian serpis....dari pada bolak-balik!!! ongkos bongkar atas+bawah+cat klu SUDIONO FATMAWATI 300rb dijamin 6 bulan....klu bengkel biasa 250rb...


  • Cek pompa air/waterpump adakah kebocoran...atau pompa sudah mendengung.....indicatornya lihat lubang dibawah waterpum...klu air menetes dari situ ganti.....beli ORI 335rb....GMB 175rb....klu bisa ganti pully yang berdiameter lebih kecil....pompa lebih kenceng muternya,,,,,
  • Ganti bilah kipas dgn yang lebih banyak...5 bilah punya starlet copotan paling mahal 50rb....klu ND smua bisa pakai....dan motor ganti yang lebih tinggi RPMnya....atau gulung rotor minta ntuh diatur ama tk gulung dinamo ongkosnya 125rb....termasuk serpis laennya....

  • Cek selang atas radiator dari mesin ( samping delko ) ke radiator....ntuh selang air panas dr mesin, beli 25rb. kalau udeh getas...ganti klem yang pake baut @ 3rb perak....2 buah 6rb

  • Cek selang bawah....dari radiator ke mesin...ini selang air dingin....yang udeh di tiupin kipas....dan angin lewat.....ganti selang klu getas harganya 65rb.....

  • Cek selang buntu di bawah delko....ganti sendiri aja...jangan lupa beli "T" joint dari galvanize....suka mampet ntuh....selang dia 3cm ntuh plus last dopnya ganti jika retak....beli meteran 9rb perak....water hose
  • Cek selang diameter 2cmm yang menuju karbu,,,,,mampet ganti beli meteran 6rb perak....water hose

  • Cek selang buntu ke arah inlet metal di samping blng blok.......mampet/retak ganti....
  • Cek selang buntu keselenoid di intake manipol....mampet/retak ganti
  • Cek selang plus "T" di belakang termostat...ke karbu.....mampet/retak ganti........
  • Setelah semua yakin benar dan nggak ada kebocoran test...hidupkan mesin gunakan radiator flus untuk cuci sekalian ntuh aliran airnya.......taruh selang yang dialiri dimulut radiator sambil keran mengarir.....buka tutup drain valve juka penuh sampai air dari drain valve bening....   oh ya...drain valve ntuh posisinya di bawah berbentuh baut kupu2 plasti berwarna putih.....

    Kalau semua ntuh bener....Insya Allah Cooling system anda baik....dan hati tenang di bawa kemanapun.....anak2 merasa nyaman krn AC pun ikut dingin.....
    Read more!

    Memperbaiki sendiri saklar lampu otomatis pintu daihatsu classy dan winner

    Disarikan dari milis.
    Oleh: Prapto Priyono, Magelang

    Buat rekan-rekan lain yang memerlukan bagaimana cara memperbaiki saklar lampu pintu di classy atau winner, Om prapto dari Magelang membuat step by step dengan dilengkapi foto.
    Beriku uraiannya:

    Memperbaiki sendiri saklar otomatis pintu classy

    Gambar saklar otomatis masih tertutup karet penutup
    foto1


    Buka karet dengan bantuan tang runcing (long nose), cepit pelan-pelan kemudian ditarik keluar
    foto 2

    foto 3

    Begitu pula sisi sebelah kiri, dibuka dengan cara yang sama. Berikut gambar setelah terbuka semua
    foto 4


    Lepas mur dengan kunci ring 12
    foto 5

    Berikut profil saklar otomatis setelah keluar dari tempatnya
    foto 6


    foto 7

    Saklar posisi kontak (on), kalau tombol yang ada di bawah jempol didorong masuk oleh pintu, maka kontak terlepas (off)
    foto 8

    Jadi tombol harus bisa keluar – masuk dengan leluasa seperti piston

    Kasus yang terjadi biasanya, tombol macet tidak bisa bergerak dengan leluasa (karena banyak kotoran yang masuk antara tombol dan body saklar) karena tidak leluasa maka A dan B tidak kontak.
    foto 9

    Semua saya bersihkan dengan disemprot WD40, setelah kotoran dan debu karat hilang, semprot dengan Contact Cleaner, baru dipasang kembali.
    Disarankan karet penutupnya (terutama bagian dalam) agar dibersihkan juga
    foto 10


    Semoga bermanfaat

    Prapto Priyono, Magelang
    Read more!

    Cerita singkat dari acara deklarasi anti bahu jalan (Daihatsu)

    Daihatsu sebagai pabrikan kendaraan ternama di Indonesia, sekali lagi membuktikan komitmen pada kepedulian keselamatan berkendara. Kali ini bersama instansi terkait mengadakan kegiatan deklarasi anti bahu jalan.
    Dalam rangka deklarasi anti bahu jalan tol, Daihatsu, Autobild, dan Klub otomotif di bawah Daihatsu, termasuk klub Classy Winner hadir dalam acara tersebut pada tanggal 15 May 10 bertempat di taman lalu lintas Cibubur.


    Berikut laporan singkat oleh om Feby.
    Untuk memudahkan koordinasi sesama member, kumpul di rest area km 10 sekitar jam 8 an dengan 1 winner (om wayan) dan 4 klesi (om thom, om ekky, om ilham, om tommy dan ane sendiri).
    Disitu kumpul juga beberapa klub lain, spt ZEC, Teruci, picanto yg sewa PM buat ngawal dan JFC. ......
    di cibubur, gabung om Harun (white winner) ke dalam barisan. Registrasi sebentar buat ambil snack dan goodies bag dilanjut dengan transaksi VS "oraisin" made in cilegon oleh om ilham dan om tommy. Sebelumnya transaksi VS jg terjadi di rest area (mayan buat ganti bensin....hehehe....) Gak lama menyusul om Erlan dan keluarga yang datang dan langsung registrasi. Setelah registrasi, para anggota keluarga (istri dan anak) diarahkan ke tempat terpisah langsung ke taman lalu lintas untuk hiburan dan pengenalan tertib lantas untuk anak2. Sedangkan para bapak langsung ke stage untuk acara utama.


    Acara diisi dengan sambutan2, dilanjut dengan sesi motivasi oleh motivator yang medok tapi inspiring banget.


    Setelah itu cerita singkat dari ketua AXIC dan dilanjut penandatanganan komitment anti bahu jalan dari perwakilan setiap klub.


    Acara ditutup dengan pengundian doorprice dan penempelan stiker di perwakilan setiap klub.


    Oh iya, terimakasih buat om Joko yang udah datang meski sempet ngalamin overheat.
    Lanjut makan siang di taman lalu lintas dan seperti biasa langsung buka kap mesin.

    Btw, yg hadir kemaren:
    1. Om Ikam dan junior
    2. Om thom
    3. Om Wayan
    4. Om Ekky
    5. Om Ilham dan keluarga
    6. Om Tommy dan provost nya...hehehehe.....
    7. Om Agus
    8. Om Erlan dan keluarga
    9. Om Joko
    10. Om febi dan keluarga



    Sebuah komitmen Daihatsu dan komunitas di bawahnya untuk peduli keselamatan pengguna jalan sekaligus membuktikan komitmen pabrikan Daihatsu mobil kelurga terbaik di Indonesia. Sekian sekilas info dari acara deklarasi anti bahu jalan bersama daihatsu kemaren. 

    Salam

    Liputan:
    Om Febi CW-113
    dengan diedit seperlunya.
    (c) om febi
    Read more!

    Berbagai perubahan ringan pada lampu-lampu

    Update: 1 May '10
    Ganti lampu senja dengan LED murah meriah supaya segar.

    Dapat info dari rekan milis "om wawing" tentang LED yang murah meriah untuk mengganti lampu senja yang standar (bohlam). Dengan modal yang terjangkau, akhirnya order satu set LED 4 lampu. Pas datang, langsung dipasang. Hasilnya, lumayan terang, walaupun gak terlalu terang. Paling tidak terlihat lebih segar deh.. Selamat mencoba.

    LED yang digunakan.

    Lampu senja asli, sebelum diganti LED

    Lampu senja setelah diganti LED. Berwarna putih.


    Lampu kabin. Biar lebih terang dan segar.

    Hallo rekan-rekan semua, mau sharing lagi nih. Ini sudah pernah saya uplod sih di milis , tapi gak ada salahnya kan, dishare lagi disini, semoga berguna aja buat rekan2. Kali ini kita akan ganti lampu kabin yang ada.
    Pertama adalah lampu kabin, tahu kan aslinya pake lampu pijar, terangnya juga seadanya. Nah biar lebih terang, bisa diganti dengan lampu LED. Bisa buat sendiri atau bisa juga beli yang sudah jadi. Kalau mau kreatif bisa buat sendiri. Di bawah ini ilustrasi lampu kabin.


    Lampu kabin setelah diganti led rakitan sendiri, tanpa merubah apa2 termasuk rumah lampu tetap memakai yang lama.

     Tampak depan saat lampu kabin hidup. Kalau saya merasa lebih terang.

    Nih dia lampu LED rakitan. Tidak serapih yang dijual-jual sih. Tapi bagi yang kreatif dan modal terbatas :) bisa merakit sendiri.

    Semoga berguna
    Read more!

    Radiator fan daihatsu charade classy

    Update: May '10
    Di rumah ada spare fan radiator yang berisik tersebut. Kemudian, daripada tidak terpakai, dicoba diservis dibengkel khusus dinamo, dengan mengganti bushing ke bearing. Semoga ini lebih awet.


    Old:
    -----------------------------------------------------------------------------

    Beberapa hari lalu muncul suara-suara berisik dari dalam kap mesin yang cukup mengganggu. Suaranya seperti besi bergesekan, namun kadang muncul berisik kadang tidak. Setelah di telusuri ternyata suara berisik ini muncul dari radiator fan. Selain menganggu, kinerja dari fan radiator juga menjadi tidak optimal (melemah), dan mengakibatkan panas di radiator tidak terbuang dengan sempurna.


    Di bawah ini adalah gambar motor fan radiator untuk daihatsu charade classy. Perlu diperhatikan, dipasaran sangat banyak tipe motor fan radiator, jadi pilih yang memang cocok untuk daihatsu charade.



    Read more!