Terbanyak dilihat Minggu ini

Kerjakan sendiri. Kuras radiator daihatsu charade classy

Artikel ini disarikan dari milis (Om Kiky) dan pengalaman penulis sendiri.

Salah satu keluhan yang kerap dialami pengguna daihatsu classy adalah mesin panas. Pengalaman penulis sendiri, bila komponen pendinginan dirawat dengan apik, hal tersebut tidak akan terjadi. Komponen pendinginan mesin yang akan dibahas saat ini adalah radiator. Dimana fungsi dari radiator adalah mendinginkan air keluaran dari mesin yang panas dengan menggunakan media transfer udara yang dihembuskan oleh fan radiator ke radiator. Keluaran air dari radiator diharapkan akan cukup dingin untuk mendinginkan mesin.

Kerap ditemui permasalahan pada radiator adalah mampetnya aliran air pada fin radiator mengakibatkan proses pendinginan menjadi kurang dan akibatnya air yang masuk ke dalam mesin masih panas. Perawatan rutin diharapkan dapat mengurangi masalah tsb.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan cukup sederhana seperti di bawah ini:

1. Buka baut kupu2 radiator (posisi di bawah). Apabila susah, bisa menggunakan tang.
2. buka tutup radiatornya, biasanya air di dalam radiator akan mengalir ke bawah (drain-out). Hati-hati apabila airnya masih panas.
3. Sambil membuang air (drain-out), isi air ke dalam radiator menggunakan selang, juga bersihkan tabung cadangannya.
4. Hidupkan mesin (2 - 5 menit). Sambil mengisi air menggunakan selang.
5. Matikan mesin, tunggu sampai sisa air di dalam radiator habis.
6. Ulangi No.4 beberapa kali sampai kondisi air buangan tidak kotor.
7. Setelah selesai, matikan mesin, tunggu sampai sisa air di dalam radiator habis, tutup baut kupu2 nya, isi radiator dengan air.
8. Isi radiator sampai penuh, tabung cadangannya biarkan kosong terlebih dahulu.
9. Hidupkan mesin, isi lagi air radiator (pasti berkurang).
10.Setelah penuh, tutup radiatornya, kemudian isi air di tabung cadangan sampai max.

Pengalaman penulis, air radiator sangat mempengaruhi lifetime dari radiator sbb:
- Jangan sembarangan dalam menggunakan radiator coolant.
- Jangan menggunakan air sembarangan (karena kandungan solid tinggi).

8 comments:

Retty N. Hakim said...

he...he...he...aku pernah pakai daihatsu classy juga...emang bener suka panas...rupanya kurang perawatan ya?!

ilhamms said...

Sekarang dah ganti apa nih?.
Yaa mobil apapun kalo gak di maintain akan banyak masalah.

ari said...

teman..classy ane jg sering panas sampe abis air radiatornya n yemprot keluar lewat tabung cadangan.padahal jalannya cm deket2.kenapa ya?padahal ane udah servis radiator,ganti paking mesin n karet selang yg dibawah manifold.tapi tetep aja air radiatornya abis n belebek2 yemprot keluar terus.apa;g yg harus ane lakukan??mohon petunjuknya teman.btw ada yg tau harga karet list kaca (komplit).thx

ilham said...

Mas Ari, dah cek tutup radiator dan waterpump. Kalo belum coba dicek dulu.
Untuk harga list kaca, untuk depan hargana 120rebu/pcs, belakang 100rebu/pcs.

ari said...

bro,thx bgt atas infonya.bro klw blh, bs rekomendasiin bengkel yg ok n murah tuk nanganin masalah overheat kaya gini.kw ada yg daerah jaksel.soalnya dibengkel ane yg skg,payah.ane udah keluar duit banyak tp masalah overheatnya ga sembuh2.pdhal ane sayang bgt ama mobil ane.btw tuk info karetnya bisa dibeli dimana?murah tuh bro! ane br aja dr duta mas cek harga.dikasih harga depan 400rb n blkg 350rb.itu jg barangnya ga ada.klw karet list kaca samping brp bro??tolong petunjuknya lagi ya bro.thx berat

ilham said...

Mas Ari, untuk karet kaca, coba call sinar bintang - aciang 5308547. Harganya yg saya tulis itu bulan Juni. mungkin dah naek.

Mas Ari. join aja ke milis cwindo. disana banyak pakar2 classy yang siap bantu.

ari said...

bro ilham,thx banyak atas petunjuk2nya.ane udah cb joint milis cwindo tp blm di aprove tuh bro.apakah bro ilham bisa bantu ane sekali lg biar ane bisa joint dengan cwindo.thx berat bro

Anonymous said...

saya baru sethun pegang clasy asyik juga tapi sya dah sempet turun mesin karena hampir aja over heat dengan mengganti water pump, deksel, pokoknya banyak tapi setelah itu penyakit awal air radiator masih tekor tetap berlanjut padahal kebocoran/tetasan oli maupun air sama sekali tidak ada, kalo mesin panas maka di tabung radiator airnya naik, terus tiap hari kudunambah terus udah itu airnya agak keruh.
PLEASE HELP ME....thank's amraf4@yahoo.co.id